Rabu, 26 November 2014

Materi Kelas 2 Tema 2 ( bermain dilingkunganku ) sutema 2 ( bermain dirumah teman )

Subtema 2
Bermain di Rumah Teman

PEMBELAJARAN 1
Amati gambar di bawah dengan cermat.
Bagaimana kita harus bertingkah laku bila berkunjung ke rumah teman.
Bacalah cerita di bawah secara bergantian! Bacalah
dengan suara nyaring dan menarik didengar!
Ulang Tahun Edo
Beni dan Tiur diundang ke acara ulang tahun Edo.
Mereka bersalaman dengan ayah dan ibu Edo.
Lalu mereka bermain tarik tambang di halaman.
Mereka membentuk dua tim pemain.
Yang tidak ikut bermain menjadi penonton.
Beni baru saja sembuh.
Dia ikut menjadi penonton.
“Satu, dua, tiga!” seru Tiur yang menjadi wasit.
Kedua tim mulai menarik tali sekuat tenaga.
“Ayo, ayo, jangan menyerah!” suara penonton riuh rendah.
“Aduh, aku tak kuat lagi!” keluh Udin.
“Aduh, aku terpeleset!” teriak Siti sambil terjatuh.
Beni bergegas mendekati Siti.
“Apakah kamu luka, Siti?” ujar Beni.
“Tidak apa-apa, Beni, terima kasih.” jawab Siti.
“Ayo, teman-teman, kita harus kompak!” ujar Edo pada
teman satu tim.
“Tarik, tarik, tarik!” teman-teman di tim Edo semakin
bersemangat.
“Horeee, kita menang!” tim Edo berhasil memenangkan
pertandingan.
Kedua tim lalu bersalaman.
Ibu Edo memanggil untuk makan bersama.
Makanannya enak sekali.
Mereka mengucapkan terima kasih pada Ibu Edo.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan
cermat berdasarkan cerita di atas!
1. Mengapa Beni dan Tiur bermain di rumah Edo?
2. Sebagai wasit, Tiur harus berusaha _______________
3. Udin mengeluh _________________
4. Beni tidak ikut bermain karena __________________
5. Siti merasa _________________
6. Edo berusaha _________________
7. Mereka semua memiliki sifat yang berbeda, tapi
   semua tetap merasa _________________
8. Apabila kita bermain dengan rukun, kita akan merasa
   _________________

Lakukan permainan dengan bertanggung jawab di
rumahmu bersama tetangga atau saudara!
Apakah kalian pernah melakukan permainan?
Buatlah catatan tentang permainan yang kalian
lakukan!
Jenis permainan: ___________________________________
Pemain: ___________________________________________
___________________________________________________
Aturan: ____________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
Jalannya permainan: ________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
Apakah kalian merasa senang setelah bermain?
Mengapa? Jelaskan! ________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________

Mari kita amati pengelompokan benda–benda ini
dengan cermat!
Tiur membeli tiga kotak pensil
warna. Tiap kotak berisi 6
batang. Ada berapa batang
pensil warna seluruhnya?
3 kotak dikali 6 batang per kotaknya = ....... batang
Pensil
Ada 5 tempat yang berisi bola kasti. Tiap tempat berisi 2
bola kasti. Berapa jumlah total bola kasti yang ada?
5 tempat plastik dikali 2 bola per plastik = ..... bola
Kasti
Perhatikan gambar berikut!
Tuliskan soal perkalian yang sesuai dengan mengisi
titik-titik pada tiap kotak! Contoh:

Soal yang dibuat: Ada 3 lingkaran, tiap lingkaran berisi 6
mobil-mobilan. Berapa jumlah mobil-mobilan yang ada?

Soal yang dibuat: ___________________________________
___________________________________________________
Soal yang dibuat: ___________________________________
___________________________________________________
Soal yang dibuat: ___________________________________
___________________________________________________
Soal yang dibuat: ___________________________________
___________________________________________________
Soal yang dibuat: ___________________________________
___________________________________________________
PEMBELAJARAN 2
Masih ingatkah kalian pada cerita tentang ulang tahun
Edo? Beni senang sekali di acara ulang tahun Edo.
Pada saat permainan tarik tambang, teman-teman di
tim Edo bersemangat menyorakkan “Tarik, tarik, tarik!”
Hari itu sangat mengasyikkan.
Beni dan teman-teman merasa ______________
Tapi Siti sempat terjatuh, dan merasa ________________
Beni membantu Siti sehingga Siti akhirnya kembali ____
___________________________________________________
Saat teman-teman kehilangan semangat, Edo berusaha
______________________
Apakah kalian pernah diundang acara ulang tahun
temanmu? Menurutmu bagaimana suasana pada acara
ulang tahun Edo? Contoh kegiatan membantu temanmu
yang bisa kamu lakukan adalah ______________________
Bila kita saling membantu, kita semua akan merasa
______________________
Mengenal Kalimat Seru
Waktu itu, teman-teman di tim Edo semakin
bersemangat menyorakkan “Tarik, tarik, tarik!”
Kalimat seru biasanya digunakan untuk menyampaikan
seruan atau perintah yang menggambarkan kesungguhan,
ketidakpercayaan, ataupun perasaan yang kuat. Artinya,
teman-teman di tim Edo saling memberikan semangat
untuk menarik tambang lebih kuat.
Coba diskusikan dengan teman di sampingmu! Apa arti
kalimat seru di bawah?
Ayo, atur barisan!
Kalimat ini berarti __________________________________
Tuliskanlah kalimat serumu sendiri dengan cermat!
1. ________________________________________________ !
2. ________________________________________________ !
3. ________________________________________________ !
Sekarang tuliskan cerita tentang acara ulang tahun Edo
dengan kata-katamu sendiri!
Tulislah dengan huruf tegak bersambung.
Tulislah judul dengan huruf kapital pada huruf awal tiap
kata.
Gunakan kalimat berita atau kalimat seru.
Coba amati gambar berikut dengan cermat! Lalu
jawablah pertanyaan di bawahnya!
Permainan apa yang ditunjukkan pada gambar?
Coba tanyakan pada keluarga dan teman-temanmu,
permainan mana yang mereka gemari. Beri tanda
centang () pada kolom yang tersedia!
Walaupun kamu tidak ikut bermain, bila teman kamu
membutuhkan bantuan, kamu sebaiknya _____________
________________________________________________
Perhatikan gerakan yang dilakukan pada tiap
permainan! Berilah tanda centang () pada permainan
yang melakukan gerakan berikut!
Bermain tarik tambang dengan bertanggung jawab
Guru akan membagi kalian dalam dua kelompok pemain.
Sebelum bermain, berbicaralah dengan teman di
kelompokmu!
Bicarakan apa yang harus dilakukan agar berhasil
menang!
Lalu tuliskanlah tentang permainan kalian di bawah ini!
Nama permainan: __________________________________
Nama pemain: _____________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
Aturan permainan: _________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
Subtema 2: Bermain di Rumah Teman
Jalannya permainan: _______________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
Bila kita menaati peraturan, permainan akan
berlangsung dengan ________________________________
Semua pemain akan merasa ________________________
Ketika kalian bermain tarik tambang, siapa anggota
kelompokmu yang terlihat memerlukan bantuan?
___________________________________________________
Apa yang kamu lakukan untuk membantunya?
___________________________________________________
___________________________________________________
Menolong teman yang memerlukan bantuan adalah
kebiasaan yang ________________________
Jawablah pertanyaan berikut!
Menurutmu apakah jumlah total kue
mangkok berubah? Apa yang berubah?
Apa pendapatmu tentang perbedaan
cara menyusun kue ini?

Sekarang tuliskan dua bentuk perkalian untuk tiap
gambar berikut!
    bentuk perkaliannya adalah 3 x 4 = 12 = 4 x 3
bentuk perkaliannya adalah … x … = … = … x …
bentuk perkaliannya adalah … x … = … = … x …
Sekarang carilah benda-benda lain di sekitarmu yang
bisa dikelompokkan!
Gambarkan benda-benda tersebut dalam kelompoknya
pada kotak yang tersedia!
Buatlah bentuk perkaliannya dua macam seperti pada
contoh di atas!
Bentuk perkaliannya … x … = … = … x …
Bentuk perkaliannya … x … = … = … x …










PEMBELAJARAN 3
Bacalah dengan suara nyaring dan percaya diri!
Kemarin kamu sudah menuliskan cerita tentang ulang
tahun Edo.
Sekarang bacakan tulisanmu tentang acara ulang tahun
Edo di depan kelas!
Dengarkan juga cerita dari teman-temanmu!
Lalu buatlah pertanyaan tentang cerita ulang tahun
Edo!
1. _______________________________________________ ?
2. _______________________________________________ ?
3. _______________________________________________ ?
Sekarang buatlah kalimat tanya untuk tiap gambar di
bawah!
Perhatikan siapa dan apa yang ada pada tiap gambar!
Buatlah kalimat tanya yang sesuai pada balon ujar yang
tersedia!
Manakah gambar yang sesuai dengan kalimat
perkalian di bawah?
Tentukan dengan cermat.
Contoh:
Siti memiliki 4 bungkus jepit rambut. Tiap bungkus
berisi 2 jepit rambut.
Sekarang tentukanlah gambar mana yang sesuai!
Berilah centang di bawah gambar yang sesuai dengan
soal perkalian di bawah!
1. Beni memiliki 5 kotak kelereng. Tiap kotak berisi 4
   kelereng.
2. Edo membeli 3 tabung kok bulutangkis. Tiap tabung
berisi 8 kok.
3. Lani menyusun bonekanya dalam 2 kotak. Tiap kotak
   berisi 9 boneka.
Sekarang kita akan membuat perkalian yang mungkin
jika hasil kalinya ditentukan.
Buatlah dengan cermat!
Lihat contoh berikut!
Edo punya 40 butir kelereng. Beni dan Edo
mengelompokkan kelereng-kelereng dalam berbagai
cara.
Beni dan Edo mengelompokkan 40 kelereng dengan
berbagai cara.
Sekarang cobalah mengelompokkan 60 buah topi
dengan berbagai cara seperti contoh di atas!



Mengelompokkan 30 buah kuemangkok

Mengelompokkan 20 buah
Yoyo
Membuat karya seni dengan mencetak penampang
Di halaman rumah Edo terdapat banyak pohon.
Ada pohon pisang, nangka, dan pohon kelapa.
Ada juga daun tumbuh-tumbuhan lainnya.
Ibu Edo mengajarkan cara membuat karya seni dengan
mencetak penampang daun.
Mari berkreasi dengan mencetak penampang daun.
Guru akan menjelaskan bahan, alat, dan cara
membuatnya.





PEMBELAJARAN 4
Bermain Benteng-bentengan
setelah makan, edo mengajak teman-temannya
bermain benteng-bentengan.
beni belum pernah bermain benteng-bentengan.
“bagaimana cara bermainnya?” tanya beni kepada edo.
“kita membentuk dua regu.
tiap regu memiliki benteng.
tiap regu berusaha menduduki benteng lawan.
regu penyerang berusaha menyentuh benteng
lawan.
regu bertahan berusaha menangkap regu
penyerang.
jika tertangkap maka harus ditawan.
kawan satu regu bisa menyelamatkan yang ditawan.
caranya dia harus menyentuh teman yang ditawan.
pemenang adalah regu yang paling banyak
anggotanya menduduki benteng lawan.”
Tuliskan kembali tentang bermain benteng-bentengan
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan
huruf kapital bila diperlukan!

Pasangkan gambar dengan cermat, sesuai urutan.
Kotak infomasi cara bermain benteng-bentengan nomor
1, 2 , 3, dan 4 sudah berurutan.
Gambar di sampingnya belum dalam urutan yang benar.
Pasangkan gambar dengan cermat, sesuai urutan cara
bermain benteng-bentengan!
Saat bermain benteng-bentengan, tiap anggota sebuah
regu harus saling …………………………
Bila anggota sebuah regu tidak saling
…………………… , maka permainan regu mereka akan
…………………………

Sekarang kita akan belajar membuat karya lukisan
lipat di atas daun!
Jangan lupa menutupi pakaianmu dengan pelindung
pakaian sebelum mulai bekerja!





PEMBELAJARAN 5
Perhatikan gambar di bawah ini dengan cermat!
Gerakan apa yang mereka lakukan?
Tuliskan kembali cara bermain benteng-bentengan!
Tulislah dengan jelas dan berurutan!
Beni belum pernah bermain benteng-bentengan.
Edo menjelaskan kepada Beni cara bermainnya.
Pernahkah kamu bermain benteng-bentengan?
Sekarang tuliskan kembali cara bermain bentengbentengan!
Tulislah dengan jelas dan berurutan!
Sekarang bacakan tulisanmu di depan kelas!
Bacalah dengan suara nyaring dan percaya diri!
Sekarang ayo bermain benteng-bentengan! Buatlah
dua regu!
Tentukan siapa regu bertahan dan siapa regu
penyerang!
Bermainlah dengan mematuhi peraturan permainan!
Menurutku, bermain benteng-bentengan itu __________
___________________________________________________
karena ____________________________________________
___________________________________________________
Untuk bermain benteng-bentengan perlu _______ regu.
Karena benteng-bentengan adalah permainan
berkelompok, anggota dalam sebuah regu harus bisa
___________________________________________________
Tanyai saudara dan temanmu tentang permainan
kegemaran mereka!
Isilah tabel di bawah!

 






PEMBELAJARAN 6
Kemarin kamu sudah mempersiapkan cerita tentang
permainan di rumah.
Sekarang berceritalah di depan kelas!
Berceritalah dengan suara yang nyaring dan percaya
diri!
Saat temanmu sedang bercerita, dengarkanlah dengan
baik!
Catatlah hal-hal penting dari cerita temanmu!
Misalnya bahan dan alat yang diperlukan, jumlah
pemain, peraturan dan cara memainkan.
Bila kurang mengerti, bertanyalah pada temanmu!
Sekarang buatlah tulisan tentang permainan yang
diceritakan oleh temanmu!
Peraturan dalam permainannya __________________
________________________________________________
________________________________________________
________________________________________________
________________________________________________
________________________________________________
__________
Bila peraturannya dipatuhi, maka permainan ini
akan ___________________________________________
________________________
Bila peraturannya tidak dipatuhi, maka permainan
ini akan ________________________________________
___________________________
Cara bermainnya ________________________________
________________________________________________
________________________________________________
________________________________________________
________________________
Bila pemainnya bekerja sama, maka permainan ini
akan _________________________________________
__________________________Bila pemainnya tidak
bekerja sama, maka permainan ini akan ___________
________________________________________________
________
Menurut saya, permainan ini _____________________
____________________ karena ____________________
________________________________________________
________________________________________________
__________________
Amati dengan cermat!
Dalam permainan, ada bahan dan alat yang diperlukan.
Bahan dan alat terbuat dari bermacam benda.
Ada berapa macam benda yang kamu kenal? Benda
terdiri dari benda padat, benda cair, dan benda gas.
Coba bandingkan benda–benda berikut ini!
Apakah bentuk benda itu mengikuti bentuk wadahnya
atau tidak?
Bentuk bola di dalam
baskom dan di dalam kotak
______________________
Bola adalah benda
______________________
Bentuk air di dalam
baskom dan di dalam kotak
Air adalah benda
Bentuk udara di dalam balon dan di luar balon ________
________________________
Udara adalah benda _____________________
Benda apa saja yang ada di sekitarmu? Tuliskan dan
berilah centang pada kolom yang sesuai! Perhatikan
contoh terlebih dahulu.
Membuat karya kerajinan dengan percaya diri
Di halaman rumah Edo ada banyak benda.
Ada daun kering dan bunga yang gugur, ada juga
ranting patah.
Tiur ingin membuat karya kerajinan berupa rangkaian.
Mari berkreasi membuat rangkaian daun kering. Guru
akan menjelaskan bahan dan alat yang dibutuhkan.
Bekerjalah bersama temanmu dalam satu kelompok!
Carilah benda-benda dalam jumlah banyak yang
sejenis!
Kelompokkan benda-benda ini dan tuliskan
pengelompokan perkalian yang bisa dibuat!
Bersama kelompokmu, ceritakan di depan kelas tentang
pengelompokan perkalian yang kalian buat!
Tunjukkan juga benda-bendanya dan cara
mengelompokkan sesuai proses pada perkalian!
Belajar menaksir hasil perkalian hingga ke satuan
terdekat
Lihatlah gambar berikut!
Bila 10 x 2 adalah 20, maka tebaklah, mana hasil yang
paling mendekati perkalian 11 x 2? Tambahkanlah
gambar!
  1. 20 b. 23 c. 40 d. 60
Jawab: 11 x 2 berarti menambahkan satu bola pada tiap
kotak. Tambahkanlah gambar satu bola pada masing– masing kotak! Setiap kotak tadinya 10 bola, kini 11 bola. Setiap kotak bertambah satu. Jadi, hasil yang mendekati adalah 23


(karena jawaban sesungguhnya adalah 22).
Sekarang perhatikan gambar berikut!
Bila 12 x 2 adalah 24, maka tebaklah, mana hasil yang
paling mendekati perkalian 14 x 2? Tambahkanlah gambar!
a. 20 b. 23 c. 30 d. 60
Jawab: 14 x 2 berarti menambahkan dua gambar
beruang pada tiap kotak. Tambahkanlah gambar dua
beruang pada masing–masing kotak!
Tadinya 12 gambar beruang pada tiap kotak, kini 14
beruang  bertambah dua. Jadi, hasil yang mendekati
adalah 30 (karena jawaban sesungguhnya adalah 28).
Sekarang cobalah menaksir hingga ke satuan terdekat
perkalian berikut!
1. Bila 12 x 3 adalah 36, maka hasil yang paling mendekati
hingga ke satuan terdekat dari 13 x 3 adalah…..
a. 30 b. 40 c. 50 d. 60
Jawab: 13 x 3 berarti menambahkan satu pada tiap
ketiga kelompok.
Tadinya 12 per kelompok, kini 13 per kelompok
bertambah tiga karena ada 3 kelompok. Jadi,
hasil yang mendekati adalah …. (karena jawaban
sesungguhnya adalah ….).
2. Bila 15 x 4 adalah 60 maka hasil yang paling
mendekati hingga ke satuan terdekat dari 16 x 4
adalah…..
a. 62 b. 72 c. 82 d. 92
Jawab: 16 x 4 berarti menambahkan satu pada tiap
keempat kelompok.
Tadinya 15 per kelompok, kini 16 per kelompok
bertambah empat karena ada 4 kelompok. Jadi
hasil yang mendekati adalah …. (karena jawaban
sesungguhnya adalah ….).
3. Bila 14 x 2 adalah 28, maka hasil yang paling
mendekati hingga ke satuan terdekat dari 15 x 2
adalah…..
a. 28 b. 38 c. 48 d. 58
Jawab: 15 x 2 berarti menambahkan satu pada tiap
kedua kelompok.
Tadinya 14 per kelompok, kini 15 per kelompok
bertambah dua karena ada 2 kelompok. Jadi,
hasil yang mendekati adalah …. (karena jawaban
sesungguhnya adalah ….)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar