TEMA 2 ( kegemaranku )
Subtema 2 ( gemar bernyanyi dan menari )
Apakah kamu suka bernyanyi.
Bernyanyi membuat hati gembira.
Mari kita bernyanyi bersama-sama.
Cing Gemerincing
Ciptaan A. T Mahmud
Cing cing gemerincing
Suara rebana berbunyi nyaring
Cing cing gemerincing
Kaki melangkah beriring-iring
Lenggang yang serempak
Dengan lenggok berirama
Hati siapa pun
Akan senang melihatnya
Membuat Grafik Gambar sambil
Mengenal Lagu
Tanyakan lagu kesukaan teman-temanmu.
Buatlah grafik gambarnya.
Letakkan tanda pada grafik gambar.
Setelah selesai ceritakanlah pada temanmu.
- = 1 siswa
Setiap orang memiliki kegemaran masing-masing.
Kita harus menghargai perbedaan tersebut.
Ayo belajar menulis kalimat
Tebalkan syair lagu di bawah ini
Saat bernyanyi kita mengeluarkan suara.
Ada suara lembut seperti suara orang berbisik.
Ada suara sedang seperti orang berbicara.
Ada suara keras seperti orang berteriak.
Perhatikan gambar di bawah ini
Mana gambar yang menunjukkan suara lembut?
Mana gambar yang menunjukkan suara sedang?
Mana gambar yang menunjukkan suara keras?
Beri tanda pada kolom yang ada
L untuk suara lembut
S untuk suara sedang
K untuk suara keras
Suara apa yang paling keras ?
Suara apa yang paling lembut ?
Kita mengenal bermacam-macam lagu.
Ada lagu nasional ada lagu daerah.
Ada pula lagu khusus untuk anak-anak.
Nyanyikanlah lagu berikut ini.
Naik Naik ke Puncak
Gunung
Ciptaan A. T Mahmud
Naik naik ke puncak gunung
Tinggi tinggi sekali
Naik naik ke puncak gunung
Tinggi tinggi sekali
Kiri kanan kulihat saja
Banyak pohon cemara
Kiri kanan kulihat saja
Banyak pohon cemara
Ayo bernyanyi sambil belajar berhitung
Hitung jumlah kata yang ada dalam teks lagu
Isikan ke dalam tabel
Lihatlah kembali lagu Naik Naik ke Puncak Gunung
Lengkapilah kalimat-kalimat di bawah ini
naik naik ke puncak ............................
tinggi tinggi ............................
kiri ............................ kulihat saja
banyak pohon ............................
Tulislah kata-kata yang belum kamu ketahui artinya
Tanyakan arti kata yang belum kamu ketahui kepada guru
Sebuah lagu akan terasa indah bila diiringi musik.
Indonesia kaya dengan macam-macam alat musik.
Tahukah kamu alat musik tradisional Indonesia?
Berikut ini adalah alat-alat musik tradisional Indonesia.
Berikut ini adalah alat-alat musik modern.
Bacalah dengan nyaring nama-nama alat musik modern di atas
Di bawah ini bermacam-macam alat musik.
Berilah warna biru untuk alat musik tradisional
Berilah warna merah untuk alat musik modern
Tariklah garis untuk memasangkan alat musik dengan
namanya
Susunlah huruf-huruf di bawah ini menjadi nama-nama alat musik tradisional
Ayo mengenal bilangan 11-20
Selesaikanlah penjumlahan di bawah ini
Indonesia kaya akan budaya.
Salah satunya adalah tarian daerah.
Setiap daerah memiliki tarian yang indah.
Di bawah ini berbagai tarian daerah.
Pasangkanlah gambar tarian dengan daerah asalnya
Warnailah gambar penari Saman di bawah ini
Indonesia memiliki banyak suku.
Indonesia memiliki banyak lagu daerah.
Lagu daerah kita bagus bagus.
Kita harus memeliharanya.
Mari mengenal lagu daerah di Indonesia
Nyanyikanlah sambil melakukan permainan
Diskusikan jawaban pertanyaan di bawah ini bersama
Kelompokmu
Apakah kamu senang menyanyikan lagu daerah?
Lagu daerah apa yang kamu sukai?
Lagu daerah apa saja yang kamu ketahui?
Edo dan teman-temannya latihan bermain musik.
Ada 16 siswa ikut berlatih.
Ada siswa yang meniup suling.
Ada siswa yang bermain gitar.
Tulislah pasangan bilangan agar berjumlah
Ikuti contoh
Pasangkan bilangan siswa peniup suling dan pemain gitar.
Jumlah pasangannya harus
Simaklah teks yang dibacakan gurumu
Tari Poco Poco
Poco poco adalah tarian modern asli Indonesia.
Tari poco poco diiringi lagu poco poco.
Lagu poco poco berasal dari Maluku.
Gerak tari poco poco sangat sederhana.
Cara menari poco poco
1. Dua langkah ke kanan, kembali ke tempat.
2. Mundur satu atau dua langkah ke belakang.
3. Maju ke depan sambil berputar.
4. Begitu seterusnya, gerakan tersebut diulang-ulang.
Sekarang mari kita berlatih menari poco poco
Bacalah dengan nyaring kata-kata di bawah ini
Susunlah huruf-huruf di bawah
Sekarang Aku Sudah Bisa
Beri tanda pada kotak
Lembar Evaluasi
1. Pasangkan kata-kata di bawah ini dengan huruf awal yang sesuai
2. Tuliskan huruf yang hilang dari kata-kata di bawah ini
3. Susunlah huruf-huruf di bawah ini.
Susunlah menjadi nama-nama alat musik
4. Jawablah soal-soal di bawah ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar